6 Cara Tanam Stroberi di Rumah dengan Polybag

Cara menanam stroberi

6 Cara Tanam Stroberi di Rumah dengan Polybag

Stroberi adalah tanaman buah berupa herba yang pertama kali ditemukan di Chile, Amerika. Salah satu spesies tanaman stroberi, Fragaria chiloensis L, telah menyebar ke berbagai negara di Amerika, Eropa dan Asia. Selain itu, spesies lain, F. vesca L., lebih tersebar luas dibandingkan spesies lain. Varietas strawberry ini juga yang pertama kali datang ke Indonesia.
jenis tanaman stroberi

Stroberi yang kita temukan di supermarket adalah hibrida yang dibuat dengan menyilangkan F. virgiana L. var Duchesne dari Amerika Utara dengan F. chiloensis L. var Duchesne dari Chili. Persilangan ini menghasilkan hibrida yaitu stroberi modern (komersial) Fragaria x Annanassa var. bangsawan.

Varietas introduksi stroberi yang dapat ditanam di Indonesia adalah Osogrande, Pajero, Selva, Ostara, Tenira, Robunda, Bogota, Elvira, Grella, dan Red Gantlet. Varietas Hokowaze dari Jepang yang cepat berbuah ditanam di Cianjur. Petani di Lembang (Bandung) yang sudah lama membudidayakan stroberi, menggunakan varietas lokal Bengal dan nanas yang cocok untuk membuat makanan olahan dari stroberi, seperti selai.

Cara Menanam Stroberi
Manfaat Tanaman Strawberry

Stroberi digunakan sebagai makanan dalam keadaan segar atau diproses. Produk makanan berbahan stroberi seperti sirup, selai atau rebusan stroberi (kolak) sudah cukup dikenal.
pusat budidaya

Bisa dikatakan budidaya strawberry belum banyak dikenal dan diminati. Karena suhu yang rendah, budidaya di Indonesia harus dilakukan di dataran tinggi.

Lembang dan Cianjur (Jawa Barat) merupakan sentra pertanian dimana petani sudah mulai banyak menanam stroberi. Bisa dikatakan kedua wilayah tersebut merupakan sentra budidaya strawberry untuk saat ini.

Artikel terkait: Cara menanam bunga matahari agar subur
kondisi tumbuh untuk stroberi

iklim

Tanaman strawberry dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan curah hujan 600-700 mm/tahun.
Jumlah sinar matahari yang dibutuhkan untuk pertumbuhan adalah 8-10 jam per hari.
Stroberi merupakan tanaman subtropis yang dapat beradaptasi dengan baik di dataran tinggi tropis dengan suhu 17-20 derajat C.
Kelembaban yang baik untuk pertumbuhan tanaman strawberry antara 80-90%.

media tanam

Saat ditanam di kebun, tanah yang dibutuhkan adalah lempung berpasir, subur, gembur, kaya bahan organik, pengelolaan air dan udara yang baik.
Keasaman tanah (pH tanah) yang ideal untuk menanam stroberi di kebun adalah 5,4-7,0, sedangkan untuk pot tumbuh 6,5-7,0.
Saat ditanam di kebun, kedalaman air tanah yang dibutuhkan adalah 50-100 cm dari permukaan tanah. Saat ditanam dalam pot, media harus berpori, air mudah meresap, dan nutrisi selalu tersedia.

ketinggian tempat

Ketinggian tempat yang memenuhi syarat iklim adalah 1.000-1.500 meter di atas permukaan laut.

Artikel Terkait: [Lengkap] Cara menanam sawi di polybag dan tahapan serta pemupukannya
Cara menanam stroberi

taman kanak-kanak

Stroberi diperbanyak dengan biji dan bibit vegetatif (bibit dan stolon atau batang akar). Kebutuhan benih per hektar berkisar antara 40.000 hingga 83.350.

Perbanyakan dengan biji

Rendam benih yang dibeli dari toko pertanian dalam air selama 15 menit dan biarkan mengering.
Grow box berupa kotak kayu atau plastik yang diisi dengan media berupa campuran bersih tanah, pasir dan pupuk kandang (kompos) (1:1:1). Benih ditaburkan secara merata pada media dan ditutup dengan lapisan tanah tipis. Kotak semai ditutup dengan plastik atau kaca bening dan disimpan pada suhu 18-20°C.
Pembibitan disiram setiap hari setelah bibit berdaun dua siap dipindahkan ke bedengan sapih dengan jarak antar bibit 2-3 cm. Media tanam bedengan offset sama dengan media persemaian. Tempat tidurnya dinaungi dengan plastik bening. Di bedengan, benih menerima pupuk daun. Setelah diukur 10 cm dan tanaman sudah mengelompok, bibit dipindahkan ke kebun.

Benih vegetatif untuk menanam stroberi di kebun

Tanaman induk yang dipilih harus berumur 1-2 tahun, sehat dan produktif. Persiapan bibit dan stolon adalah sebagai berikut:

Sumber :