Contoh Menjadi Selebgram Sukses dari awal

Tips Menjadi Selebriti Sukses dari Nol Hingga Mendapat Endorsement

Contoh Menjadi Selebgram Sukses dari awal

Salah satu tips menjadi selebgram yang sukses adalah menumbuhkan organic engagement daripada hanya mengejar jumlah followers.

Kualitas diatas kuantitas.

Lantas, bagaimana caranya menjadi selebritas yang dicari banyak brand?

Tips Menjadi Selebriti Sukses

Tidak ada jalan pintas. Berikut tips menjadi selebgram sukses dari nol hingga mendapatkan endorsement pertama:
1. Tentukan Niche Anda Sebelum Anda Mulai

Niche adalah hal spesifik yang Anda fokuskan dalam mengembangkan konten.

Dengan niche Anda lebih mudah menemukan ide konten.

Di sisi lain, merek yang ingin bekerja sama juga harus mencari selebriti berdasarkan niche mereka.

Contoh niche antara lain travel, kecantikan, komedi, kuliner, parenting, bisnis, sulap, dan lain sebagainya.

Bingung menentukan niche?

Lakukan saja hal yang paling Anda sukai dan bagikan dengan orang lain.

Dengan begitu Anda akan merasa senang saat membuat konten.

Baca Juga: Keunggulan Centang Biru Instagram

2. Buat Profil yang Menarik

Oke, kata “menarik” sering membingungkan.

Nah langsung saja ke intinya apa yang harus anda lakukan, yaitu:

Gunakan foto profil pribadi alih-alih logo.
Bio bersih dan cukup jelas.
Cantumkan nomor WA atau email yang bisa dihubungi.
Tambahkan tautan bio ke saluran Anda yang lain.

Lihatlah contoh tampilan profil milik akun @thenonstop di bawah ini:

Seberapa penting pengaturan profil untuk selebgram?

Foto dan bio Anda adalah yang pertama kali dilihat orang saat mereka mengunjungi profil Anda.

Jadi pastikan mereka bisa segera menangkap informasi tentang Anda dari kedua hal tersebut.
3. Temukan Audiens Ideal Anda

Dengan niche ini, menurut Anda siapa yang relevan dengan konten Anda?

Temukan informasi ini dari alat wawasan Instagram. Sebelum itu pastikan kamu sudah beralih ke Business Profile ya.

Ketuk tombol “Wawasan” di bawah bio profil Instagram Anda dan kemudian pilih “Pengikut”.

Temukan detail tentang demografi audiens Anda di sini.
tips menjadi selebgram sukses

Misalnya, Anda adalah seorang seleb parenting dengan pengikut dominan berusia 25-34 tahun. Jadi, menggunakan bahasa kontemporer mungkin masih relevan bagi mereka.

Itulah mengapa penting untuk mengetahui audiens ideal Anda.
4. Berikan Konten Berkualitas dan Asli

Beri orang alasan mengapa mereka harus mengikuti Anda di Instagram. Salah satunya dengan menghadirkan konten yang berkualitas dan original.

Jangan fokus pada kuantitas karena Anda akan kehilangan kualitas.

1 konten berkualitas setiap hari lebih baik dari 10 konten “sampah” setiap hari.

Selain kualitas, orisinalitas konten juga penting.

Mengikuti tren viral boleh saja, tetapi jangan hanya menirunya.

@vincedi.gg adalah salah satu selebgram yang sukses memukau penonton dengan konten originalnya.
5. Gulungan Konten untuk Meningkatkan Jangkauan

Sejak gulungan datang ke Instagram, banyak selebgram mulai mengalihkan fokus mereka ke jenis konten ini. Salah satu alasannya adalah karena lebih mudah menjadi viral. Betulkah?

Hootsuite telah melakukan penelitian tentang dampak gulungan konten pada tahun 2021.

Hasilnya adalah jangkauan gulungan memang jauh lebih tinggi daripada jenis konten lain di Instagram.

Jangkauan tinggi meningkatkan peluang mendapatkan pengikut baru.

Namun, tidak semua jenis konten bisa menjadi viral, seperti yang diungkapkan oleh akun @creators.
tips menjadi selebgram sukses

Berikut ini adalah kriteria konten yang berpeluang lebih besar untuk masuk dalam recomended reels:

Menghibur, menyenangkan dan menginspirasi
Tambahkan efek visual (filter) atau teks.
Menggunakan format video vertikal.
Gunakan audio asli atau dari Perpustakaan Instagram.

Sementara itu, hal-hal yang perlu Anda hindari antara lain video buram atau beresolusi rendah dan video yang terindikasi repost dari platform lain.

Itu sebabnya jika Anda ingin memposting ulang konten Anda sendiri dari TikTok ke Instagram, Anda harus menghapus tanda air terlebih dahulu.
6. Libatkan Pengikut dalam Konten

Insta Story adalah tempat yang paling tepat untuk mengecek ombak, seberapa bagus interaksi para pengikutnya. Sayangnya, hanya pemilik akun yang bisa mengetahui hasilnya.

Bagaimana cara memberi tahu merek bahwa pengikut Anda berinteraksi secara aktif?

Caranya dengan menggunakan kolom komentar.

Jadi, selain konten yang berkualitas, Anda juga harus membuat caption yang memancing interaksi. Misalnya dengan bertanya atau meminta pendapat.

Contohnya adalah salah satu postingan @ariefmuhammad yang satu ini. Total ada 1.242 orang yang berkomentar. Wow!

Kabar baiknya, di Instagram kini sudah ada fitur Reels Visual Replies untuk menjawab komentar followers.

Yap… sama seperti fitur di TikTok

7. Pengikut tidak boleh dibeli

Berapa jumlah minimum pengikut Selebgram?

Menurut VIK Kompas, seseorang layak disebut selebriti jika memiliki minimal 20.000 pengikut.

Mungkin itu sebabnya banyak orang yang ingin membeli followers selain karena murah.

Namun, kenyataannya hampir semua pengikut instan adalah akun pasif/bot.

Akun ini diproduksi massal oleh sistem untuk dijual sebagai pengikut. Anda tidak akan bisa berinteraksi seperti manusia.

Tentu saja, brand tidak ingin menempatkan produknya di akun yang memiliki 10.000 pengikut tetapi hanya 10 orang yang menyukai fotonya.
8. Mulailah berkolaborasi, bukan bersaing

Anda siap untuk langkah selanjutnya, yaitu kolaborasi.

Perluas jangkauan Anda dengan mengundang kolaborasi dengan selebritas atau influencer lain. Ini menjadi simbiosis mutualisme bagi keduanya.

Gunakan fitur Kolaborasi baru Instagram untuk membuat konten kolaboratif.
Tips menjadi Selebgram yang sukses

Ingat, sekarang adalah era kolaborasi, bukan kompetisi.

Menurut Najwa Shihab, kerjasama dapat menciptakan kekuatan yang lebih besar daripada individu.
9. Apakah Anda mencari atau menunggu merek untuk berpartisipasi?

Kalaupun jumlah followernya masih di bawah 10.000, harus ada brand yang ikut. Namun, pada tahap ini biasanya terbatas pada merek mikro atau UMKM saja.

Jangan disangkal, ini adalah kesempatan Anda untuk memulai karir sebagai bintang sukses.

Di posisi saat ini, peluang untuk bekerja dengan merek mikro jauh lebih besar. Karena kedudukan mereka sama dengan kalian yang menjadi pionir.

Di sisi lain, Anda juga dapat mencari kampanye kolaboratif di platform pemasaran influencer, seperti:

SosialBuzz
LEMON
Partipost
bintang pop
socomy

10. Masa bodoh dengan pembenci

Tips terakhir untuk menjadi bintang sukses adalah mempersiapkan mental.

Pembenci ada di mana-mana, termasuk Instagram. Mereka ada di sini untuk merusak kepercayaan Anda.

Namun, jangan mudah terpengaruh oleh komentar mereka.

Ada cara efektif untuk menghadapi haters di media sosial agar tidak mudah dikalahkan:

Jika mereka menggunakan akun nyata dan menawarkan kritik yang membangun, cobalah untuk berpikiran terbuka dan mendengarkan apa yang mereka katakan.

Namun, jika itu hanya penghinaan maka abaikan, hapus, blokir.
Kesimpulan

Menjadi seorang selebriti adalah jalur karir yang cukup menjanjikan saat ini, tetapi sama sekali tidak ada jalan pintas untuk sampai ke sana.

Anda harus mulai dari awal, membangun personal branding hingga akhirnya ada brand yang ingin di endorse. Sepanjang proses.

Mari kita akhiri artikel ini dengan kutipan.

Sumber :