Interaksi Sosial: Pengertian, Syarat, Ciri, Jenis, dan Faktor

Kami sedang mendiskusikan interaksi sosial. Penjelasan lengkap tentang interaksi sosial ini diberikan sebagai berikut:

interaksi-sosial

Definisi interaksi sosial

Interaksi sosial ini merupakan hubungan sosial yang mengacu pada hubungan antar individu, individu (seseorang) dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok. Di Wikipedia, interaksi sosial ini menjadi dasar dari suatu hubungan berupa tindakan-tindakan yang didasarkan pada norma dan nilai sosial yang berlaku dan juga diterapkan dalam masyarakat.

Pahami interaksi sosial, menurut para ahli

Berikut pengertian interaksi sosial yang dikemukakan oleh beberapa ahli, diantaranya sebagai berikut:

Shaw

Shaw menjelaskan bahwa interaksi sosial ini merupakan pertukaran interpersonal di mana masing-masing orang tersebut menunjukkan perilaku mereka antara satu (1) dan lainnya di hadapannya dan masing-masing perilaku tersebut juga saling mempengaruhi satu sama lain.

Thibaut dan Kelley

Thibaut dan Kelley mengutarakan pendapatnya bahwa interaksi sosial ini merupakan peristiwa saling mempengaruhi ketika dua orang atau lebih hadir bersama-sama, mencapai suatu hasil satu sama lain atau bahkan berkomunikasi satu sama lain.

Bonner di Ali (2004)

Bonner menjelaskan bahwa interaksi adalah hubungan antara dua individu atau lebih di mana perilaku individu tersebut mempengaruhi, mengubah atau mempengaruhi individu lain atau sebaliknya.

Homans in Ali (2004: 87)

Homans berpendapat bahwa interaksi ini merupakan peristiwa ketika suatu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang terhadap orang lain diberi penghargaan atau bahkan hukuman yang menggunakan tindakan oleh orang lain yang merupakan pasangannya.

Kondisi interaksi sosial

Kondisi interaksi sosial terdiri dari kontak sosial dan komunikasi sosial. Kontak sosial ini tidak hanya berhubungan dengan fisik, tetapi dengan perkembangan teknologi, manusia juga dapat berkomunikasi tanpa sentuhan, misalnya melalui telepon, telegraf dan lain-lain. Komunikasi diartikan ketika seseorang dapat menawarkan manfaat atau perasaan kepada orang lain yang harus disampaikan oleh orang tersebut.

Proses interaksi sosial

Interaksi sosial dalam masyarakat didasarkan pada faktor imitasi, sugesti, simpati dan identifikasi serta empati.

imitasi

Peniruan adalah tindakan sosial seseorang yang mampu mengikuti sikap, perbuatan, atau perilakunya, serta penampilan fisiknya.

saran

Sugesti merupakan stimulus, pengaruh, atau rangsangan yang diberikan kepada orang lain untuk melakukan apa yang disarankan tanpa berpikir rasional.

simpati

Simpati adalah sikap seseorang yang tertarik pada orang lain karena penampilan, kebijaksanaan, atau cara berpikirnya yang sesuai dengan nilai-nilai simpatik orang tersebut.

identifikasi

Identifikasi adalah wasiat yang sama atau identik atau bahkan mirip dengan orang lain yang sedang ditiru (idolanya).

empati

Empati adalah proses berpartisipasi dalam sesuatu yang dialami orang lain. Proses empati ini sering kali berbagi penderitaan orang lain.

Jika proses interaksi sosial tidak berjalan maksimal, muncullah kehidupan yang terisolasi. Faktor yang mengasingkan kehidupan adalah pengucilan secara sadar dari lingkungan, pengalaman kecacatan, pengaruh perbedaan ras dan juga perbedaan budaya.

Jenis interaksi sosial

Bentuk atau jenis interaksi sosial menurut Soerjono Soekanto (2010: 64) adalah sebagai berikut:

Asosiatif

Asosiatif ini terdiri dari kerjasama (kerjasama), akomodasi (akomodasi). Dalam hal ini kerjasama diartikan sebagai upaya kolektif oleh individu atau kelompok orang untuk mencapai satu atau lebih tujuan bersama. Perumahan adalah cara untuk menyelesaikan perselisihan tanpa menghancurkan pihak lawan dan membuat lawan tidak kehilangan kepribadiannya.

Yg memisahkan

Pemisahan ini terdiri dari persaingan serta kontroversi dan juga konflik. Persaingan di sini disebut sebagai proses sosial di mana individu atau kelompok orang bersaing untuk mendapatkan keuntungan di bidang kehidupan yang menjadi fokus perhatian publik pada waktu tertentu (baik secara individu maupun kelompok).

Dengan menarik perhatian publik atau mempertajam prasangka tanpa menggunakan ancaman atau kekerasan.

Demikian penjelasan tentang pentingnya interaksi sosial, kondisi yang terjadi, proses, jenisnya. Semoga apa yang dijelaskan semoga bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Sumber :