Makanan Khas Garut Terbaru 2022 Paling Enak

24 makanan khas Garut terbaru

Makanan Khas Garut Terbaru 2022 Paling Enak

Makanan khas garut merupakan makanan yang tidak boleh Anda dapatkan di Jawa Barat. Banyak menu yang memiliki cita rasa tinggi. Snack dan juga oleh-oleh untuk dibawa pulang. Dengan memadukan rasa gurih dan pedas, memberikan cita rasa yang sangat istimewa pada berbagai masakan di Garut.

Menariknya, menu di sini tidak hanya terdiri dari main course saja. Namun, ada juga makanan pembuka hingga makanan penutup yang bisa Anda coba. Menarik, tidak ada yang buruk.

Penasaran dengan aneka masakan Garut? Mari kita mulai menjelajah di bawah ini

1. Ladu
Makanan Khas Garut Jawa Barat
Foto: https://www.instagram.com/lindeukmik/

Makanan khas ini berasal dari daerah Malangbong dengan tekstur dan rasa yang legit. Bahan utama yang digunakan untuk membuatnya adalah Ketan. Rasanya unik, saat digigit terasa kenyal seperti dodol, tapi bukan milik keluarga dodol. Untuk menambah rasa, ditambahkan gula putih dan gula aren serta kelapa parut pada menu yang satu ini.

Konon katanya makanan ini sudah ada sejak tahun 1930-an lho. Dibuat oleh ibu rumah tangga. Pada zamannya, menu yang satu ini sangat digemari oleh para pejabat Malangbong.

Jika ingin berbelanja, Anda bisa datang langsung ke berbagai toko oleh-oleh yang ada di Garut. Harganya hanya mulai dari 20.000 saja. Makanan ini sangat enak disantap dengan secangkir teh hangat.
2. Nasi Livet
makanan enak khas garut
Foto: https://www.instagram.com/dapurrizkygarut/

Makanan ini tidak hanya ditemukan di kota Solo, tetapi juga di Garut. Hanya saja ada beberapa perbedaan menarik yang pasti akan Anda temui. Terutama dalam suplemen. Saat berada di sini Anda bisa menikmati berbagai jenis masakan ikan mulai dari Puffy, Jambal, Asin hingga Sambal.

Itu berarti ceritanya juga berbeda, lho. Nasi liwet di negeri Sunda biasanya tidak dijual. Namun untuk konsumsi sendiri saat berada di kebun atau di ladang.
Untuk bumbu penyedap nasinya sendiri, saat ini beragam jenisnya, seperti cabai, bawang merah, bawang putih, minyak kelapa, ikan asin, lengkuas, serai, dan daun salam.
3. Pagi Garutan

Masakan Garut lainnya yang bisa Anda coba adalah Moring yang merupakan kependekan dari Cimol Kering. Masih sekeluarga dengan cilok, bedanya makanan ini lebih garing. Namun, proses pembuatannya tidak jauh berbeda dengan menggunakan aci.

Rasanya yang kenyal, gurih dan bisa dipadukan dengan bumbu pedas menjadi daya tariknya. Namun, ada satu hal yang perlu diingat untuk menikmati makanan ini, harus panas, teksturnya akan berbeda jika dinikmati dalam keadaan dingin.
4. Soto Ayam Garut

Soto memang menjadi kuliner andalan daerah manapun. Makanan yang paling cocok untuk konsumsi pagi hari juga bisa kamu temukan di daerah Garut lho. Namun, ada beberapa perbedaan yang akan Anda temukan. Yang pertama ada di saus.

Anda akan melihat makanan yang agak kental ini. Wo, dengan santan kuning yang dipadukan dengan berbagai bumbu yang cukup kuat. Betapa pentingnya ketika Anda memakan sausnya, Anda merasakan rasa gurih dan tajam yang membutuhkan rasa.

Isinya mungkin tidak jauh berbeda, ada daging sapi atau ayam ditambah kacang kedelai goreng dan daun bawang. Harganya hanya 15.000, kamu bisa mencarinya di berbagai warung makan yang ada di Garut.
5. Surabi
makanan garut murah
Foto: https://www.instagram.com/auuliahijriastuti/

Serabi dan Surabi, dua masakan yang hampir mirip tapi berbeda. Konon surabi ini sudah dihidangkan selama 30 tahun lho. Anda bisa membeli berbagai jenis pasar tradisional dengan harga 4.000 untuk varian rasa.

Untuk yang sederhana, Anda dapat membelinya hanya dengan 3.000.
Terbuat dari tepung beras dengan parutan kelapa. Masak Masih dengan arang.

Dengan bentuk khusus. Biasanya makanan ini disajikan di pagi atau sore hari bersama dengan secangkir teh.
6. Datang ke Banjarwangi

Makanan ini memang tidak sepopuler jajanan lainnya. Namun, menunya terdiri dari singkong. Itu dicampur dengan bumbu khusus dan kemudian digoreng. Ini sangat renyah dan sedikit pedas.

Cocok untuk bersantap sambil bersantai bersama keluarga. Beli oleh-oleh juga bisa lho. Pusat distribusi dan produksi terletak di kabupaten Banjarwangi. Harganya sekitar 10.000.

Sumber :