Pengertian Dakwah: Dasar, Tujuan, Sumber, Jenis, Karakter

Secara etimologi (bahasa), dakwah berasal dari bahasa Arab: da’a-yad’u-da’watan yang artinya mengundang, memanggil dan memanggil. Makna dakwah dalam bahasa antara lain:

An-Nida artinya memanggil; da’a filanun Ika fulanah, artinya yang disebut Fulanah mengundang
Berteriak, ad-du’a ila syai’i, artinya berteriak dan menekan sesuatu.

Pengertian-Dakwah-Dasar-Tujuan-Sumber-Jenis-Karakter

Dalam dunia Dakwah, yang berdakwah disebut Da’i, dan yang menerima Dakwah

atau yang berdakwah disebut Mad’u. Dalam kaitannya dengan istilah dakwah didefinisikan sebagai berikut:

Prof. Toha Yaahya Oemar menjelaskan bahwa dakwah Islam merupakan upaya mengajak umat secara arif di jalan yang benar, sesuai dengan perintah Tuhan untuk kemaslahatan di dunia dan di akhirat.
Syekh Ali Makhfudz, dalam bukunya Hidayatul Mursyidin, mendefinisikan definisi dakwah sebagai berikut: Dakwah Islam, yaitu. Mendorong orang untuk melakukan yang baik dan mengikuti instruksi (instruksi), menyerukan kepada mereka untuk melakukan yang baik dan mencegah kejahatan, agar mereka bahagia di dunia dan di akhirat.
Hamzah Ya’qub bersabda bahwa dakwah mengajak umat manusia yang memiliki hikmah (hikmah) untuk mengikuti petunjuk Allah dan Rasul-Nya.
Menurut Prof.Dr.Hamka dakwah adalah ajakan untuk berpegang teguh pada suatu kemapanan yang dasarnya berkonotasi positif dengan substansi yang melekat dalam kegiatan yang diperintahkan oleh amar ma’ruf nahi mungkar.
Syekh Muhammad Abduh berkata bahwa dakwah menuntut kebaikan dan adalah wajib bagi setiap Muslim untuk mencegah kejahatan menjadi salah.

Dari beberapa definisi di atas dapat disimpulkan secara singkat bahwa dakwah

adalah kegiatan yang dilakukan oleh informan (da’i) untuk menyampaikan informasi tentang yang baik kepada pendengar (mad’u) dan mencegah yang buruk. Kegiatan tersebut dapat dilakukan melalui menelepon, mengundang, atau kegiatan menarik lainnya. Dakwah menjadikan perilaku umat Islam dalam pengamalan Islam menjadi agama Rahmatan Lil’alamin yang wajib dakwah kepada semua orang. Ini melibatkan unsur-unsur berikut: Da’i (subjek), Maaddah (materi), Thoriqoh (metode), Wasilah (media) dan gila. ‘u (obyek) dalam mencapai maqashid (tujuan) dakwah yang melekat dalam tujuan Islam, yaitu mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

Islam sebagai agama penerus risalah nabi sebelumnya, khususnya agama

ketuhanan seperti Yudaisme dan Kristen. Islam diturunkan karena adanya penyimpangan ajaran agama, baik karena hilangnya sumber ajaran agama sebelumnya maupun karena perubahan yang dilakukan oleh pengikutnya. Dalam agama Kristen, misalnya, belum ditemukan kitab suci yang asli. Karena dakwah merupakan kegiatan Amar Ma’ruf Nahi Mungkar, maka dakwah tidak selalu berkisar pada topik keagamaan seperti pengajian atau kegiatan yang dianggap kegiatan keagamaan lainnya. Setidaknya ada tiga pola yang bisa dipahami terkait dakwah.
Baca selengkapnya: Kerajaan Sriwijaya

Dakwah dasar

Dakwah sebagai suatu kegiatan dalam kehidupan seorang muslim tentunya kegiatan ini harus dilandasi oleh ajaran dasar agama islam itu sendiri. Sedangkan pelaksanaan dakwah juga mempengaruhi komunikasi antar sesama manusia dalam masyarakat. Oleh karena itu perlu diperhatikan regulasi yang berlaku di masyarakat agar pelaksanaan dakwah tidak menemui banyak kendala.
Tujuan Dakwah

Tujuan adalah pernyataan yang bermakna, keinginan, yang digunakan sebagai pedoman bagi manajemen organisasi untuk mencapai hasil tertentu untuk kegiatan yang dilakukan dalam dimensi waktu tertentu. Diyakini bahwa tujuan berbeda dari tujuan. Dengan tujuan mencapai tujuan tertentu dalam waktu tertentu. Sedangkan tujuan merupakan pernyataan yang telah ditetapkan oleh manajemen puncak untuk menentukan arah organisasi dalam jangka panjang. Memang tujuan dakwah tidak lepas dari pembahasan Islam sebagai agama dakwah. Islam adalah tentang melihat sifat manusia dalam esensi aslinya sebagai hamba Allah dan pada saat yang sama sebagai Khalifatullah. Manusia adalah puncak dari ciptaan Allah yang tertinggi di muka bumi ini. Dan sifat manusia yang paling esensial yang diajarkan Islam adalah tauhid.

Secara umum Dr. M. Quraish Syihab bahwa tujuan dakwah adalah melihat peran cendekiawan muslim sebagai elemen kontrol sosial:

Memperkuat dan memperkuat keimanan umat Islam agar tidak menderita dampak negatif kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi atau dari pemikiran yang mempengaruhi negara, bangsa dan agama.

LIHAT JUGA :

http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/kinemaster-diamond/
http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/pengertian-pendapatan-per-kapita-adalah/
https://silviayohana.student.telkomuniversity.ac.id/gbwhatsapp/
https://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/kinemaster-pro/
https://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/alight-motion-pro/
https://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/sejarah-berdirinya-pbb/
https://projects.co.id/public/browse_users/view/ab4512/ojelhtc
https://blog-mahasiswa.uin-suska.ac.id/susanti/
https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/kinemaster-diamond/
https://blog.uad.ac.id/lestari1300012156/kinemaster-pro/
https://blog.uad.ac.id/lestari1300012156/alight-motion-pro/
https://blog.uad.ac.id/lestari1300012156/pengertian-enzim-laktase/
https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/pengertian-lingkungan-sosial/
http://linux.blog.gunadarma.ac.id/2021/04/18/pengertian-komunikasi-non-verbal/
http://linux.blog.gunadarma.ac.id/2021/04/18/alight-motion-pro/