Phorbol, Kandungan Berbahaya yang Bikin Apel Beracun

Phorbol, Kandungan Berbahaya yang Bikin Apel Beracun

 

Bogorchannel.Co.Id – Pohon apel manchineel di sepanjang pantai dan hutan bakau yang membentang dari Florida ke Karibia, Amerika Tengah dan Selatan dianggap sebagai pohon apel paling berbahaya di dunia. Senyawa organik yang terkandung dalam pohon ini adalah phorbol.

Phorbol ada di getah putih pohon Manchineel dan senyawa ini sangat larut dalam air. Jika jus tidak menyentuh kulit terlalu lama, kulit akan langsung melepuh.

Bahkan ketika pohon itu terbakar, asapnya membuat mata terasa sakit karena mengandung racun.

Lihat juga: Machineel, apel paling berbahaya di dunia
Selain phorbol, pohon apel Manchineel mengandung 12-dexoy-5-hydroxyphorbol-6-gamma-7-alpha-oxide, hippomanine, dan mancinellin. Kemudian daunnya mengandung senyawa sapogenin, phloracetophenone-2 dan 4-dimethyl ether seperti yang ditunjukkan oleh Cruise Bruise.

Sementara senyawa dalam buah adalah physostigmine, ini biasanya merupakan campuran obat penawar dan anti-glaukoma.

Seseorang yang secara tidak sengaja makan apel Manchineel memiliki konsekuensi serius seperti mual, diare, pusing, sakit perut, berkeringat dan bahkan dapat menyebabkan gagal pernapasan dan kelumpuhan jantung.

Lihat juga: 13 tahun yang lalu, para ilmuwan masih ingin tahu tentang menanam

‘Botak Durian’
Seorang ahli radiologi, Nicola Strickland, yang secara tidak sengaja memakan apel Manchineel. Dia mengatakan pada saat itu bahwa dia dan teman-temannya sedang melakukan studi di pulau Karibia, Tobago.

Ketika dia melihat pohon apel, dia langsung melahapnya dengan salah satu temannya. Beberapa saat kemudian, mereka merasakan sensasi pedas di mulut dan sensasi terbakar di tenggorokan seiring waktu.

“Gejala-gejalanya memburuk selama beberapa jam sampai kita hampir tidak bisa

makan apa pun karena rasa sakit yang luar biasa dan benjolan tenggorokan yang sangat besar,” kata Strickland.

“Lalu kita minum Pina Coladas, tetapi sedikit berkurang, tetapi kita masih bisa merasakan sensasi terbakar. Dampak apel ini juga memengaruhi kelenjar getah bening leher kita menjadi sangat lunak dan teraba,” tambahnya.

Lihat juga: Pakar menjelaskan perkawinan katak dan ular beracun

Meskipun pohon apel Manchineel adalah salah satu spesies pohon paling berbahaya, ahli botani Florida Roger Hammer mengatakan bahwa sementara pohon apel Manchineel mematikan, masih ada spesies tanaman paling mematikan, Cicuta maculata atau hemlock air.

Hemlock air adalah genus kecil dari empat spesies tanaman yang sangat beracun dalam keluarga Apiacaea.

“Ada tanaman lain (bukan pohon) di Florida yang jauh lebih beracun daripada Manchineel, yaitu hemlock air (Cicuta maculate),” Hammer dikutip oleh Vitchelo.

“Seperempat inci tongkat sudah cukup untuk membunuh seseorang,” tambahnya.