4 Teknik Membaca Cepat yang Benar dan Efektif

4 Teknik Membaca Cepat yang Tepat dan Efektif

4 Teknik Membaca Cepat yang Benar dan Efektif

1. Scanning (teknik pemindaian)

Scanning adalah teknik membaca cepat dengan memindai atau membaca mata. Teknik membutuhkan ketelitian membaca yang baik dan ditujukan untuk memperoleh informasi atau fakta tertentu.

Tekniknya adalah membaca cepat, melompat langsung ke bagian yang dianggap penting atau prioritas.

Jadi Anda tidak hanya harus membaca cepat, tetapi juga mencari hal-hal yang penting.

Metode pertama melibatkan penggunaan kekuatan imajinasi untuk membuat Anda tetap sadar dan memahami apa yang Anda baca.

Dengan membaca pemindaian, Anda tidak perlu membaca seluruh kalimat. Lihat saja dan perhatikan kata kunci yang penting saja.

Biasanya teknik ini digunakan oleh orang yang suka membaca buku atau koran. Karena di surat kabar biasanya orang ingin langsung mengetahui intisari beritanya.
2. Skimming

Skimming, atau yang juga dikenal sebagai membaca awam, adalah teknik membaca cepat yang melibatkan pengambilan ide utama, ide, atau inti dari sesuatu.

Tujuan dari teknik skimming adalah untuk memudahkan pencarian isi suatu buku dengan cepat hanya dengan menelusuri informasi yang dianggap menarik dan ingin diketahui lebih dalam.

Urutan cara membaca buku dengan teknik skimming adalah dari daftar isi sampai halaman terakhir, yang biasanya berisi rangkuman atau kesimpulan.

Anda dapat menonton video di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut teknik pemindaian dan skimming.
Video tentang teknik membaca cepat skimming dan pemindaian
3. Lompat (teknik melompat)

Skipping adalah teknik membaca yang melibatkan melewatkan atau mengabaikan bagian yang dipahami atau tidak lagi diperlukan.

Sederhananya, jika apa yang Anda baca bukan lagi yang Anda inginkan, lewati atau abaikan saja dan lanjutkan ke artikel berikutnya.

Teknik skipping ini bisa diterapkan pada semua jenis bacaan yang ada, baik itu buku, koran, cerpen dan lain sebagainya.
4. Seleksi (teknik seleksi)

Memilih adalah jenis teknik membaca di mana Anda memilih bagian atau teks yang ingin Anda baca hanya berdasarkan kebutuhannya. Teknik ini juga dikenal sebagai teknik baca-pilih.

Jenis membaca cepat ini sangat tergantung pada kebutuhan. Dan itu sebelum pembacaan yang sebenarnya dimulai, misalnya membaca headline di koran.

Biasanya teknik seleksi ini digunakan oleh penulis yang ingin mengembangkan kembali tulisannya agar lebih menarik.

Karena mengembangkan sebuah artikel setidaknya membutuhkan banyak penelitian dan pengamatan terhadap pesan-pesan yang mengandung informasi setelah penulis menulis untuk dikembangkan.

Keempat teknik di atas merupakan teknik membaca cepat yang biasa digunakan untuk memahami bagian tertentu dari sebuah buku atau jenis bacaan umum lainnya.

Sementara itu, ada lagi langkah membaca cepat yang banyak digunakan siswa untuk keperluan penelitian dan bahan menulis di atas kertas, yaitu teknik membaca SQ3R.

Teknik kedua disebut SQ3R yang artinya Poll, Questionnaire, Read, Recite, Check. Teknik ini menggunakan metode pentahapan dalam membaca.

Francis, P. Robinson dari Ohio State University, AS, adalah pengembang pertama dari teknik SQ3R ini.

Sifat dari teknik ini praktis dan dapat diterapkan pada pendekatan pembelajaran yang berbeda.

Strateginya adalah menghasilkan tanya jawab dan pertanyaan yang dapat mendorong pembaca untuk mencerna materi secara komprehensif dan mendalam.

Bahkan, teknik ini juga dipandang sebagai strategi untuk meningkatkan kinerja memori dalam memahami bahan bacaan dalam bidang pengetahuan dan substansi teks. Tidak heran jika semakin banyak siswa yang menggunakan teknik ini.

Memahami membaca cepat

Speed ​​Reading adalah kegiatan membaca yang mengutamakan kecepatan melalui gerakan mata yang cepat dan dilakukan tanpa noise. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi dengan cepat dalam waktu yang singkat.

Biasanya kegiatan ini tidak membaca kata demi kata, melainkan langsung kalimat demi kalimat atau bahkan paragraf.

Membaca cepat disebut juga dengan membaca cepat. Namun, membaca cepat tidak hanya terbatas pada kecepatan.

Masih membutuhkan pemahaman yang baik untuk mencapai tujuannya, yaitu pengumpulan informasi.

Jadi membaca cepat berarti tidak hanya membaca cepat tetapi juga tidak memahami apa yang dibaca.

Untuk membaca cepat dengan benar, gunakan 3 teknik membaca cepat yang diuraikan di atas.

Sumber :