Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, Jenis, dan Contoh Teks Eksposisi

Pahami teks eksposur

Teks pameran adalah paragraf atau karangan yang berisi informasi dan pengetahuan tertulis untuk menyampaikan atau menjelaskan makna melalui tulisan yang singkat, akurat dan ringkas. Sedangkan menurut KBBI: eksposur adalah uraian atau penjelasan yang bertujuan untuk mendeskripsikan tujuan dan spesifikasi (misalnya karangan). Paragraf paparan ini bersifat ilmiah atau non-fiktif.

Menurut Wikipedia, pameran ini merupakan semacam paragraf yang isinya bertujuan untuk memberi makna pada gaya penulisan yang padat, ringkas, dan jelas. Contoh penulisan eksposur biasanya laporan surat kabar dan instruksi penggunaan.

Makna teks pameran adalah alinea yang berisi ilmu yang dideskripsikan secara ringkas, ringkas dan jelas.

Tujuan teks pameran

berfungsi untuk memberikan informasi tertentu sehingga menjadi jelas untuk memberi pembaca teks ini wawasan informasi yang lebih baik. Sementara,

Fungsi teks eksposur

adalah menyampaikan, menjelaskan, mengungkapkan atau bahkan mendeskripsikan suatu gagasan berupa gagasan pokok tersebut pada suatu topik yang tidak bersifat fiktif atas dasar argumentasi yang kuat.
Keuntungan dari teks pameran

adalah menjelaskan perkembangan penjualan dari jenis esai yang bukan fiksi.

Jenis teks pameran

Jenis-jenis tersebut terdiri dari 9 (sembilan) bagian diantaranya sebagai berikut.

  • Pameran Definisi: Paragraf yang menjelaskan definisi subjek tertentu.
    Representasi Proses: Jenis ini berisi langkah-langkah atau cara untuk melakukan sesuatu dari awal hingga akhir.
  • Representasi ilustratif: Tipe ini adalah tipe yang membuat informasi atau penjelasan tertentu tersedia dengan memberikan deskripsi sederhana suatu subjek dengan subjek lain yang memiliki kesamaan karakteristik atau kesamaan dalam hal tertentu.
  • Report Exposure: Paragraf eksposur yang berisi laporan tentang cerita atau penelitian tertentu.
  • Presentasi Komparatif: Paragraf presentasi yang menyajikan ide utama dengan membandingkannya dengan orang lain.
  • Representasi yang Bertentangan: Jenis ini berisi pertanyaan tentang bagaimana mengkontradiksi satu hal dengan yang lain.
  • News Issue: Berisi berita tentang suatu kejadian / peristiwa. Jenis ini banyak dijumpai di koran / koran.
  • Analisis eksposur: adalah proses memisahkan masalah dari ide utama menjadi beberapa subbagian, setelah masing-masing dikembangkan secara bergantian.
  • Eksposur klasifikasi: membagikan sesuatu dan juga mengelompokkannya ke dalam kategori.

Struktur teks pameran

Strukturnya terdiri dari 3 (tiga) bagian yaitu pendapat (tesis), argumentasi dan pembaharuan pendapat. Berikut adalah penjelasan dari struktur teks eksposur yang sesuai:

  • Opini (tesis): Bagian ini merupakan gagasan pokok tentang suatu masalah berdasarkan fakta-fakta yang ada.
    Argumentasi: Bagian ini memberikan penjelasan rinci tentang pendapat serta pengungkapan faktual untuk menjelaskan alasan penulis.
    Konfirmasi Pendapat: Bagian ini merupakan salah satu penegasan pendapat sekaligus dalil yang didukung oleh fakta.

Properti teks pameran

Di bawah ini adalah properti yang dapat kita ketahui di bawah ini.

  • Gaya informasi yang menarik bagi pembaca.
  • Pengiriman tidak rumit dan berlangsung dalam bahasa standar.
  • Jelaskan informasi (pengetahuan) yang berguna.
  • Tidak memihak berarti tidak memaksakan kehendak penulis pada pembacanya.
  • Teks eksposisi bersifat netral dan objektif.
  • Penjelasan teks ini disertai dengan data yang akurat dan dapat diandalkan.
  • Fakta digunakan sebagai sarana kontribusi dan konkret.

Teks aturan pameran bahasa

Unsur kebahasaan yang terkandung dalam teks pameran ini antara lain pronomina, konjungsi, nomina dan verba atau verba. Berikut penjelasannya:

kata ganti

Ini mengungkapkan kata ganti pribadi yang terutama dapat digunakan untuk ekspresi pendapat pribadi. Kata ganti ini dapat dibagi menjadi dua jenis:

Kata ganti persona (kata ganti orang) adalah orang tunggal. Contohnya seperti: kamu, dia, dia, aku, saudara, dia, kamu, -ku, -si, -mu. Dan mantra jamak seperti: we, we, you, you, para, audience.

Kata ganti nonpersona (kata ganti bukan orang) adalah kata ganti untuk tujuan tampilan. Contohnya seperti: itu, disini, disana, disini. dan kata ganti penanya, misalnya: apa, siapa, mana.

Kata benda (kt bnd)

Kata benda adalah kata yang merujuk pada objek nyata dan abstrak. Dalam hal ini kata benda berdiri sebagai subjek. Karena bentuk dan maknanya, kata benda dibagi menjadi dua bagian:

Kata benda dasar, misalnya pisau, meja, rumah, lemari, kursi, gambar, dll.
Kata benda turunan, mis. B.Tindakan, pembelian, kekuasaan, dll.

Kata kerja (verba)

Kata kerja adalah kata yang memiliki arti tindakan atau kondisi yang bukan merupakan atribut. Biasanya kata kerja digunakan sebagai predikat dalam kalimat.

koneksi

Konjungsi atau konjungsi adalah kata yang menghubungkan suatu bahasa menjadi dua unit yang sama. Kata demi kata, kalimat demi kalimat, kalimat demi kalimat dan kalimat demi kalimat.

Bagaimana membuat teks pameran

Teks pameran ini berbeda baik dari naratif maupun deskripsinya. Teks ini digunakan untuk menjelaskan suatu masalah atau berbicara panjang lebar.

Presentasi ini dapat diartikan sebagai tulisan yang berusaha menjelaskan dan juga menguraikan suatu gagasan pokok yang dirasa perlu untuk disampaikan kepada pembaca. Pembaca diharapkan memperluas pengetahuan mereka serta pandangan mereka tentang poin-poin yang disajikan.

Ada tiga topik dalam paragraf eksposur yang harus diketahui agar bisa menulis eksposur yang baik dan benar.

  • Data faktual, yaitu keadaan yang benar-benar terjadi dan juga historis tentang bagaimana suatu peristiwa terjadi, bagaimana alat dapat berfungsi dan sebagainya.
  • Analisis atau interpretasi secara obyektif terhadap sekumpulan fakta.
    Fakta tentang seseorang yang menempel di bilik.

Dalam setiap wacana yang merupakan bagian dari paragraf eksposur, urutan analisis teks juga harus mencakup empat poin berikut:

  • Urutan / proses kronologis: Menjelaskan bagaimana sesuatu dapat terjadi atau bekerja.
  • Urutan fungsi.
  • Analisis urutan atau sebab dan akibat.
  • Analisis perbandingan.

Berikut langkah-langkah untuk dapat menulis teks pameran yang terdiri dari 4 (empat) hal, sebagai berikut:

  • Tentukan subjeknya.
  • Tentukan tujuan esai.
  • Pilih tanggal sesuai dengan subjeknya.
  • Buat garis besar lampiran, kembangkan cangkang menjadi lampiran eksposur.

Contoh teks pendek dan strukturnya

Contoh teks eksposisi politik

Hindari cagub aktor korup

Tesis:

Setiap daerah yang menyelenggarakan pemilihan umum dalam pemilihan calon gubernur harus dilakukan dengan tegas, tegas, dan jujur. Calon gubernur yang baik harus memiliki kriteria agar tidak melenceng dari kekuasaan dan menjauhkan daerahnya dari masalah yang berarti. Misalnya, Cagub tidak pernah terlibat dalam masalah pelanggaran hak asasi manusia atau korupsi. Jika salah satu cagub terlibat dalam masalah tersebut, cagub akan dianggap batal demi hukum. Hal itu dilakukan agar menjadi calon gubernur yang memiliki jiwa integritas dan tidak menimbulkan masalah terkait. Setiap partai yang mencalonkan diri sebagai cagub selalu memiliki prosedur pengujian yang tepat dan benar. Namun, tidak semua pihak memiliki kriteria yang sama. Namun, ada prinsip umum dalam memilih cagub.

Perselisihan:

Terbukti banyak DPRD dan DPRD yang melakukan tindak pidana korupsi. Setiap parpol berlomba-lomba mencari kriteria cagub yang bagus di pemilu karena ingin mendapatkan suara terbanyak. Hal itu diungkapkan Wakil Sekretaris Jenderal Komite Pemantau Independen Pemilu (KIPP) bernama Jojo Rohi.

Konfirmasi:

Masing-masing partai menetapkan kriteria standar yang jelas dan tegas tentang siapa yang berhak menjadi calon gubernur yang menjalankan wilayahnya masing-masing. Dalam penetapan cagub, kriteria utama yang harus diterapkan yaitu pemberantasan korupsi. Jika salah satu cagub terlibat dalam masalah korupsi, calon gubernur akan dianggap tidak sah dan tidak dapat dipilih kembali. Cagub juga harus memperhatikan kriteria calon yang baik, serta akhlak yang baik. Untuk cagub yang baik, cagub tidak pernah mempraktekkan poligami. Namun, masalah pelanggaran hak asasi manusia masih belum terselesaikan. Oleh karena itu, calon cagub yang baik tidak boleh terlibat dalam pelanggaran HAM.

Contoh teks eksposur tentang kesehatan

Manfaat Tanaman Obat sambiloto

Tesis:

Tanaman obat sambiloto sudah populer sejak jaman nenek moyang mereka dulu. Tanaman obat sambiloto ini mempunyai khasiat penyembuhan luka dan juga bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Argumetasi:

Dengan banyaknya properti yang terdapat pada fasilitas ini, banyak produk komersial yang dapat dibuat. Namun tidak banyak orang yang mengetahuinya. Menurut beberapa peneliti, ada banyak khasiat dalam tanaman obat sambiloto ini. Keunggulan sistem sambiloto ini antara lain:

Tanaman obat sambiloto memiliki bagian yang dapat digunakan untuk penyembuhan luka. Ini ditunjukkan dalam kecepatan penyembuhan luka bakar dan cedera.
Tanaman obat sambiloto juga dapat menyembuhkan penyakit panas karena mengandung anti etika bahkan dapat mengobati tekanan darah tinggi.
Tanaman jenis ini juga dapat bermanfaat dalam mencegah penyakit kanker seperti trofoblas dan tumor paru-paru.
Tanaman obat sambiloto juga dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti diare, malaria, gatal-gatal, sakit perut, disentri, tifus, dll.

Konfirmasi:

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tanaman obat sambiloto tidak hanya dapat menyembuhkan luka, tetapi juga dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Tidak ada efek samping yang ditimbulkan oleh tanaman ini karena alami. Tanpa Anda sadari bahwa alam memenuhi kebutuhan medis tubuh.

Contoh teks pameran tentang ekonomi

tesis

Ekonomi adalah istilah untuk “kegiatan ekonomi masyarakat secara keseluruhan”. Dalam kegiatan pertanian, kegiatan ekonomi masyarakat dipahami sebagai kegiatan pertanian. Di antara kegiatan ekonomi masyarakat adalah kegiatan ekonomi petani atau peternakan atau nelayan kecil, petani kecil, nelayan tanpa perahu, petani tanpa pemahaman tanah, dan sebagainya; dan bukan petani besar, pertanian MNC, perkebunan dan sejenisnya.

perselisihan

Perspektif lain dari ekonomi itu sendiri juga dapat dilihat dengan jargonn perspektif: “Ekonomi rakyat, rakyat dan rakyat”.

Yang dimaksud dengan “oleh rakyat” adalah bahwa kegiatan ekonomi berkaitan dengan penguasaan rakyat dan akses rakyat terhadap sumber daya ekonomi itu sendiri. Orang mengontrol dan memiliki hak atas sumber daya untuk mendukung aktivitas produktif dan konsumsi mereka.

“Oleh rakyat” adalah proses produksi dan konsumsi yang dilakukan dan diputuskan oleh rakyat. Orang memiliki hak untuk mengelola proses produksi dan konsumsi. Dalam hal sumber daya (produktif dan konsumsi), orang memiliki alternatif untuk memilih dan menentukan sistem penggunaan, mis. B. berapa jumlah yang harus digunakan, siapa yang menggunakannya, bagaimana proses penggunaannya, bagaimana keberlanjutan dapat dipertahankan untuk proses penggunaan secara berkala, dan sebagainya.

“Untuk rakyat” artinya rakyat adalah penerima manfaat utama dari setiap kegiatan produksi dan konsumsi. Orang menerima pencapaian, dan indikator pencapaian yang paling penting adalah minat orang.

konfirmasi

Dalam hal ini juga harus ditetapkan bahwa perekonomian dapat dikaitkan dengan semua orang, dalam arti kegiatan transaksi juga dapat dilakukan dengan “orang-orang non-ekonomi”. Juga tidak ada batasan ukuran, jenis produk, modal, jenis usaha dan lain sebagainya. Ekonomi kerakyatan tidak eksklusif, tapi inklusif dan terbuka. Namun karakter fundamental di atas juga telah melahirkan sistem ekonomi yang terdiri dari para pelaku ekonomi, norma, kesepakatan, dan mekanisme transaksi yang memungkinkan perekonomian secara umum dapat bertahan dan berkembang sesuai dengan perkembangan sosial ekonomi masyarakatnya.

Demikian penjelasan teks eksposisi di Complete. Semoga penjelasan di atas tentang teks eksposur dapat bermanfaat bagi anda semua. Terimakasih banyak.

Sumber :