Teleskop Terbesar di Dunia Pantau Detail Langit Siap Dibangun

Teleskop Terbesar di Dunia Pantau Detail Langit Siap Dibangun

Teleskop Terbesar di Dunia Pantau Detail Langit Siap Dibangun

Pusat Internasional untuk Penelitian Astronomi Radio (ICRAR) Curtin University dikatakan telah menyelesaikan persiapan untuk pembangunan teleskop radio terbesar di dunia, yang kemudian disebut Square Kilometer Array (SKA) di Australia. Konstruksi, yang dijadwalkan akan dimulai pada 2021, telah dalam persiapan selama tujuh tahun.

SKA dibangun di Afrika Selatan dan Australia Barat dan dianggap sebagai salah

satu lembaga ilmiah terbesar di dunia. SKA harus dapat meneliti seluruh sejarah dan perkembangan alam semesta dan menunjukkan kemajuan dalam fisika dasar.

SKA meluncurkan Space Daily dan akan menggunakan 130.000 antena radio individu dan dukungan terkait untuk sistem elektronik. Seluruh antena akan dibangun dan didistribusikan ke Murchison Radio-Astronomy Observatory (MRO), yang terletak sekitar 800 kilometer utara Perth.

Lihat juga: Para ahli mengungkapkan karakter misterius di ruang angkasa setiap 157 hari
Persiapan untuk pembangunan pusat astronomi telah dipercepat dalam dua tahun terakhir melalui kemitraan internasional di negara-negara SKA Australia, Cina, Italia, Malta, Belanda dan Inggris. Selama konstruksi, dikoordinasikan oleh ICRAR University of Curtin dan Istituto Nazionale di Astrofisica, Italia.

Steven Tingay, ketua ICRAR, mengatakan kemitraan itu diperkirakan mencapai 1,87 miliar euro dalam sepuluh tahun pertama. Dalam tujuh tahun terakhir, pemerintah Persemakmuran telah mengalokasikan $ 10,1 juta untuk persiapan pembangunan.

“Sebagian kecil dari dana ini telah membantu industri Australia Barat

mempersiapkan kontrak konstruksi SKA,” kata Tingay.

Di situs resminya, SKA adalah proyek konstruksi teleskop radio terbesar di dunia, dengan area pengumpulan lebih dari 1 kilometer persegi. SKA akan menggunakan ribuan kerang dan hingga satu juta antena frekuensi rendah yang dapat digunakan para astronom untuk memantau langit secara detail.

Lihat juga: Deteksi robot dari tiga planet besar

Bahkan, SKA dikatakan memberikan kualitas resolusi gambar yang lebih baik daripada teleskop luar angkasa Hubble. Selain itu, SKA harus dapat mencitrakan area luas langit secara paralel.

Lokasi hosting SKA berlokasi di Karoo, Afrika Selatan dan Murchison Shire, Australia Barat. Karoo akan menjadi lokasi inti untuk frekuensi tinggi dan sedang, yang pada akhirnya akan meluas ke benua Afrika. Sementara Murchison akan menjadi lokasi untuk antena frekuensi rendah.

Baca juga: