5 Tips Membuat Desain Rumah Tanah Miring.

Cara Membangun Rumah di Tanah Miring

5 Tips Membuat Desain Rumah Tanah Miring.

Mendirikan bangunan di atas tanah miring memang agak berbeda dengan mempersiapkannya dengan kontur tanah datar, karena harus melakukan penilaian yang lebih terukur dan relevan, sehingga ketika bangunan itu terbentuk benar-benar aman untuk ditinggali atau ditempati meskipun kontur tanah memiliki kemiringan.

Tidak hanya itu, tugas jasa kontraktor harus diperhatikan baik dari anggaran, desain, material yang digunakan dan luas bangunan yang harus dipersiapkan dengan matang.

Untuk membangun sebuah bangunan di atas kontur tanah yang landai, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membangun, seperti mengutamakan kenyamanan penghuni sebuah bangunan dan pertama-tama Anda dapat menggambarkan kontur tanah mulai dari tingkat. kemiringan lereng sehingga anda mendapatkan informasi mengenai lahan yang akan dibangun dan mencobanya. untuk menghitung berikut ini:

Bentuk Medan dan Tanah
Ukur lebar depan dan belakang tanah
Berikut panjang sisi kiri dan kanannya
Hitung tinggi elevasi tanah
Cari lokasi jalan raya untuk menentukan arah depan rumah
Melihat kondisi tanah apakah ada bangunan tua atau medan berbatu menjadi kendala desain rumah baru.

setelah data-data di atas sudah didapat, langkah kedua adalah anda bisa membuat bentuk desain rumah, dimulai dari membuat denah untuk lahan miring yang ada, kemudian anda membuat denah rumah untuk bagian dalam rumah.
Membuat Tata Letak Ruangan

membangun rumah miring

Dalam membuat tata letak ruangan pada kontur tanah miring, di sini Anda harus menuangkan dalam hal inovasi kreatif, dan meskipun struktur tanah miring merupakan salah satu daya tarik utama sebuah bangunan jika Anda dapat membuat tata letak yang baik.

Misalnya Anda harus bisa menempatkan furnitur, bagaimana cara mencegahnya agar tidak miring pada kontur tanah yang miring dan tata letak ruangan harus rata, jadi Anda harus bisa mendesain tata letak ruangan dengan baik. .
Keunggulan Rumah di Tanah Miring

desain rumah tanah miring

Sebenarnya jika anda mendapatkan tanah dengan struktur tanah yang landai dan anda ingin membangun sebuah bangunan seperti rumah atau bangunan lainnya, ternyata ada sebagian orang yang justru mencari kontur tanah seperti ini karena memiliki daya tarik estetis bagi orang yang memiliki inovasi dan kreativitas untuk merancang bangunan.

Baca juga Bangun Rumah Modal 120 Juta, Lihat Hasilnya

karena kebanyakan orang enggan membeli atau membangun rumah di kontur tanah yang miring karena ada beberapa hal seperti mereka harus meratakan tanah yang miring untuk membangun rumah sehingga akan mengeluarkan biaya yang cukup tinggi, hal ini akan berbeda bagi orang-orang. yang memiliki pemikiran kreatif tentang inovasi justru memiliki keunggulan tersendiri

Harga tanah murah dibandingkan tanah miring atau datar
bangunan akan terlihat unik ketika rumah sudah berdiri
Menciptakan kesan berbeda yang memiliki seni tinggi dalam menata bangunan
Akan memiliki nilai jual yang tinggi jika berhasil membuat sebuah bangunan di atas tanah yang memiliki kemiringan

Tips Mendesain Rumah di Tanah Miring

membangun rumah di tanah miring

Pastikan Kualitas Tanah

Biasanya tanah miring memiliki tekstur yang lebih lembut dan tidak stabil sehingga sangat rentan terhadap bahaya longsor, namun Anda dapat mengatasinya dengan beberapa cara agar tanah tidak menimbulkan bahaya bagi bangunan yang akan didirikan seperti membuat pondasi yang lebih kuat atau membuat multi pondasi -lantai dan bentuk desain rumah. lebih sederhana namun lebih estetis.

Perhatikan kemiringan setiap sisi

Sebelum membuat desain bangunan di tanah yang miring, Anda harus menghitung kemiringan di setiap sisi tanah, hal ini memudahkan untuk mendesain gambar rumah yang akan dibuat.

Buat desain rumah bertingkat

membuat desain rumah dengan pondasi bertingkat yang dapat menekan biaya penimbunan lahan, kemudian membuat desain rumah dengan 2 lantai atau lebih, ini merupakan alternatif pembuatan desain rumah

Buat Fondasi yang Kuat

Pondasi yang kuat merupakan hal terpenting dalam desain rumah yang kontur tanahnya memiliki kemiringan sehingga tidak mudah tergeser saat terjadi pergerakan tanah atau gempa, karena pondasi yang kokoh menjaga kestabilan bangunan. ketika terjadi bencana alam.

Buat Tembok Penahan yang kuat

Ketika kita lebih suka menggali tanah untuk meratakannya dengan tanah lain, yang harus diperhatikan adalah dinding bangunan yang harus lebih kuat selain pondasi yang kuat karena nantinya dinding tersebut akan menopang tanah yang lebih tinggi dari tanah. bangunan rumah,

Sumber :